Sunday, July 15, 2012

Silaturahim

Rasulullah saw bersabda :” Barang siapa yang ingin dipanjangkan usianya dan dibanyakkan rezekinya, maka hendaklah ia bersilaturahim”. (HR. Bukhari dan Muslim )

Kedudukan silaturahim begitu penting dalam Islam. Silaturahim menjadi sarana untuk berbagi dan merekatkan kembali hubungan sesama manusia agar persatuan umat, toleransi, dan rasa senasib sepenanggungan tetap terjaga.

Pentingnya silaturahim dipertegas lagi dalam sabda Rasulullah saw yang berbunyi : ” Maukah kalian aku tunjukkan amal yang lebih besar pahalanya dari shalat dan puasa? ”tentu saja”, jawab para sahabat. Kemudian Rasulullah bersabda : ” Engkau damaikanlah orang-orang yang bertengkar, menyambung persaudaraan yang terputus, mempertemukan kembali saudara-saudara yang terputus, adalah amal saleh yang besar pahalanya”.

Rasulullah mengamanahkan kepada segenap keluarga muslim untuk mempererat tali silaturahim. Dengan silaturahim, masing-masing keluarga akan mengenal dan mengetahui kelebihan dan kekurangannya. Persoalan pun akan mudah diselesaikan ketika diangkat ke muka perkumpulan antar keluarga. Mengenali keluarga dengan baik dan makin mempererat tali silaturahim keluarga merupakan amanah Rasulullah yang mesti dilakukan karena tak ada yang bisa hidup sendirian.

Mulai detik ini, semoga kita sama-sama berusaha untuk tetap menjalin silaturahim yang dimulai dari lingkungan keluarga kita

No comments:

Post a Comment